Desi Fatma

Penilik Pendidikan Anak Usia Dini pada Dinas Pendidikan Kota Solok Sumatera Barat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web
Fakta - fakta Seputar Covid-19

Fakta - fakta Seputar Covid-19

Tantangan Hari ke 70

#TantanganGurusiana

Penyebaran virus Corona telah menjadi wabah yang mengancam seluruh dunia. Informasi-informasi terkait virus ini sangat mudah didapatkan. Hampir semua media baik cetak maupun elektronik memberitakan perkembangannya termasuk Indonesia.  Kedatangan covid-19 ke tanah air kita memang belum lama terjadi. Namun dampaknya sudah sangat dasyat. Seiring dengan adanya pengumuman dari pemerintah untuk me lock down beberapa daerah yang dianggap pandemi.  Terutama kota-kota besar yang terdampak virus ini.

Agar lebih waspada, ada beberapa hal yang harus kita perhatikan !

1. Demam, batuk hingga sesak nafas

Seseorang yang terinfeksi virus corona akan memiliki gejala yang mirip dengan yang ditimbulkan saat terkena flu, yakni demam dan batuk. Akan tetapi orang yang terkena virus corona gejalanya akan dibarengi dengan sesak nafas.

Jika kita merasa mengalami gejala tersebut, maka sebaiknya sesegera mungkin menemui dokter, langsung ke puskesmas atau rumah sakit untuk mendapatkan pengobatan lebih lanjut.

Bagi yang tidak mengalami gejala-gejala tersebut di atas, agar selalu menjaga kesehatan dengan cara tidak menyentuh wajah saat tangan kotor, mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer, dan menghindari kontak dengan orang sakit. Dan yang paling utama sekali, melakukan social distancing dengan cara stay at home. Cara ini dilakukan untuk memutus mata rantai penyebaran virus.

 2.  Cairan saat batuk atau bersin

Virus corona bisa menyebar melalui cairan yang dikeluarkan oleh orang yang telah positif terinfeksi saat mereka batuk atau bersin. Virus yang ada dalam cairan tersebut akan menempel pada anggota tubuh dan benda-benda di sekitarnya. Ia mampu bertahan beberapa jam, bahkan bisa beberapa hari. Namun kita bisa menghilangkannya dengan mencuci tangan dengan sabun atau cairan antiseptik.

Agar cairan tersebut tidak menyebar kemana-mana, sangat dianjurkan kepada mereka yang sedang sakit atau terinfeksi virus untuk memakai masker.

 3. Perlukah memakai masker ?

Bagi mereka yang mengalami gejala seperti batuk dan pilek harus memakai masker agar cairan yag dikeluarkan dari mulut dan hidung saat batuk dan bersin tidak menyebar kemana-mana. Setelah digunakan, masker harus dibuang dengan benar pada tempatnya. Dan jangan lupa mecuci tangan setelah memegang masker tersebut.

Apakah orang yang tidak mengalami gejala batuk, demam dan pilek perlu juga menggunakan masker ?

Sebenarnya mereka tidak perlu menggunakan masker, namun mereka harus menggunakannya saat berada atau megunjungi tempat-tempat umum, seperti pasar, stasiun atau pusat perbelanjaan.

 4.   Panic buying

Saat pemerintah mengumumkan lock down kota untuk beberapa saat, masyarakat langsung terkena panic buying. Terlihat di pusat-pusat perbelanjaan terjadi aksi borong barang-barang kebutuhan pokok dan kesehatan. Masker, hand sanitizer atau cairan anti septik menjadi barang yang sangat langka. Aksi inilah yang mengakibatkan terjadinya lonjakan harga barang yang gila-gilaan. Masker yang biasanya hanya Rp. 40.000 menjadi Rp.200.000 per kotaknya.

Bagi masyarakat ekonomi menengah ke atas, membeli atau menyetok barang dalam jumlah banyak bisa mereka lakukan, karena mereka punya uang. Bagaimana dengan masyarakat ekonomi lemah ? Jangankan untuk menyetok barang dalam jumlah banyak, untuk makan sehari-hari saja mereka harus banting tulang. Bahkan mereka harus nekat keluar rumah untuk bekerja meskipun pemerintah telah menghimbau untuk tetap di rumah, dengan konsekwensi bisa terpapar virus yang mematikan ini. Seandainya tidak terjadi panic buying, maka kenaikkan harga dan kelangkaan barang bisa diatasi.

Mari kita tetap waspada dan jaga kesehatan dengan cara menjaga kebersihan, mengkonsumsi makanan sehat, istirahat yang cukup dan berolahraga.

 

Sumber : lifeextension.kaskuser

 

#TantanganGurusiana70

Rumahku, 22 Maret 2020

 

 

 

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar

Ikuti anjuran pemerintah, terlebih anjuran Sang Maha Pencipta. Sukses selalu dan barakallahu fiik

25 Mar
Balas

Iya Bunda, stay at home. Terima kasih kunjungannya Bunda Vivu. Sehat dan sulses selalu. Fiik Barakallah

25 Mar



search

New Post