Desi Fatma

Penilik Pendidikan Anak Usia Dini pada Dinas Pendidikan Kota Solok Sumatera Barat. ...

Selengkapnya
Navigasi Web

Bijak Bersosial Media, Saring Sebelum Sharing

Tantangan Hari ke 73

#TantanganGurusiana

Beberapa hari ini, dunia maya dihebohkan dengan berita tentang mewabahnya Corona Virus Disease (COVID-19). Virus yang telah merenggut nyawa ribuan manusia di dunia, termasuk Indonesia. Untuk hari ini Jumat, 27 Maret 2020, telah tercatat sebanyak 1046 kasus positif corona, 87 meninggal dunia dan 46 sembuh. Informasi ini selalu diupdate setiap harinya oleh pihak yang berwenang. 

Karena semakin merabaknya virus ini, maka pemerintah mengambil kebijakan dengan memindahkan proses pembelajaran ke rumah._Work From Home_ (WFH)

Namun seorang Netizen Julid _Judes Lidah_, membuat status di dinding facebooknya sekaitan dengan kebijakan pemerintah tersebut. Ia menghina guru dengan mengatakan mereka makan gaji buta selama pelaksanaan WFH ini.

" Sekolah-sekolah diliburkan, para guru makan gajih buta.”

Sontak saja hal ini membuat hampir seluruh guru di Indonesia meradang. Sampai akhirnya ia di laporkan kepada pihak yang berwajib untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya. Saat ini kasusnya sedang diproses oleh pihak yang berwajib.

Selain itu ada juga sebagian Netizen, membagikan beberapa berita tidak benar atau hoax seputaran Covid-19. 

Seperti yang banyak beredar di WA group hari ini tentang cara melawan virus corona dengan bagi-bagi quota internet gratis. 

 

Untuk melawan virus Corona, kami menawarkan kepada Anda 1000GB koneksi internet gratis untuk tetap di rumah dengan selamat dan menikmati internet. Aktifkan paket internet 🌐 

 👉 https://gratiskuotainternet.xyz

 

Sayangnya banyak juga yang mensharenya di group - group WA, tanpa mencari kebenarannya terlebih dahulu.

Dari  uraian di atas kita dapat belajar bagaimana seharusnya menggunakan sosial media secara bijak dan hati - hati. Jangan sampai berita yang kita bagikan atau status yang kita buat malah membuat kita berurusan dengan pihak berwajib atau merugikan orang lain.

Saringlah dulu sebelum di Sharing. 

 

#TantanganGurusiana

Rumahku, 27 Maret 2020

 

 

DISCLAIMER
Konten pada website ini merupakan konten yang di tulis oleh user. Tanggung jawab isi adalah sepenuhnya oleh user/penulis. Pihak pengelola web tidak memiliki tanggung jawab apapun atas hal hal yang dapat ditimbulkan dari penerbitan artikel di website ini, namun setiap orang bisa mengirimkan surat aduan yang akan ditindak lanjuti oleh pengelola sebaik mungkin. Pengelola website berhak untuk membatalkan penayangan artikel, penghapusan artikel hingga penonaktifan akun penulis bila terdapat konten yang tidak seharusnya ditayangkan di web ini.

Laporkan Penyalahgunaan

Komentar




search

New Post